Kali ini saya diberi tugas oleh dosen
saya untuk mencari tahu perusahaan e-commerce yang beliau rekomendasikan.
Dengan begitu saya memilih untuk mencari tahu tentang “ Amazon.com”. setelah
sekian kalinya ubek ubek google, dapetlah sumber yang cukup detail dan insha
allah dipercaya.
PROFIL Amazon.com
Pendiri :
Jeffrey P. Bezos
Tokoh penting : Jeffrey P. Bezos (sebagai ketua, CEO sekaligus presiden perusahaan)
Website : amazon.com
Kategori : eCommerce
Alamat kantor : Seattle, WA, Amerika Serikat
Telepon : (206) 266-1000
Didirikan : 1994, tapi baru diluncurkan tahun 1995
Jenis industry : Eceran
Jumlah karyawan : 14.000 di seluruh dunia
Promosi / iklan : web banner dan video
Jangkauan : Worldwide
Latar Belakang
Bermula dari garasi yang
disewanya, Bezos mendirikan Amazon.com pada tahun 1994.Melalui moto “tumbuh
lebih besar dengan lebih cepat”, usaha awalnya berubah dari satu toko buku
sederhana menjadi raksasa perdagangan virtual dan toko online terbesar di dunia
karenamenyediakan berbagai barang dagangan yang super lengkap mulai dari buku,
DVD, CD musik, permainan, piranti komputer, pakaian, perhiasan, hingga
makanan. Ketekunan, keahlian teknis,dan komitmen terhadap kualitas yang
dimilikinya, membuat Bezos mampu menjadi salah satu 3 orang terkaya di dunia pada
usia yang amat muda, 33 tahun. Dia juga pernah dipilih sebagai
manof the year pada tahun 1999 oleh majalah Time.
Amazon.com
adalah salah satu perusahaan besar yang menjual barangnya melaluiinternet.
Perusahaan ini didirikan oleh Jeff Bezos pada November 1994 di Seattle,
AmerikaSerikat. Mengapa dinamakan amazon.com, karena Jeff ingin perusahaannya
seperti sungaiAmazon yang mampu menampung 20% air bersih dunia. Jadi ia
mengharapkan perusahaan inikelak akan menjadi perusahaan yang menguasai 20%
pasar dunia. Jeff Bezos sendiri kemudianmenjadi vice president dari perusahaan
ini.
Amazon.com membuka situs e-commerce-nya pada tahun 1995. Produk
yang dijual di perusahaan online ini bermula dari buku kemudian dengan
cepat meluaskan diversifikasinya ke produk lain seperti kaset VHS, DVD, CD
music kemudian ke lelang dan sekarang amazon.com sudah menjual ribuan jenis
produk berbeda. Amazon.com bahkan pada tahun 2002 pernah menjadi toko online
terbaik versi majalah Yahoo karena penjualan atas order konsumen yang lebih
dari 56 juta item. 3 orang terkaya di dunia pada usia yang amat
muda, 33 tahun. Dia juga pernah dipilih sebagai manof the year pada tahun 1999 oleh majalah
Time.
Produk Amazon.com
1. Amazon BookSurge
Amazon's BookSurge adalah print-on-demand buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk
mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan
distributor. BookSurge beroperasi pada April tahun 2005.
2. Amazon EBS
Amazon Elastis Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat
volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon EC2. Amazon EBS sangat cocok
untuk aplikasi yang memerlukan database, sistem file, atau akses ke mentah blok
tingkat penyimpanan. Diluncurkan ke publik pada 21 Agustus 2008.
3. Amazon EC2Amazon
EC2 (Elastis Cara Cloud ) berfungsi menyediakan
layanan web server virtual dengan harga yang murah. Bersama Amazon's virtual
penyimpanan produk S3, EC2 bekerjasama untuk menyediakan ruang penyimpanan
data. Contohnya adalah Pownce dan Justin.tv yang menggunakan EC2. Disini user hanya membayar
sejumlah yang digunakan. Contoh setiap jam adalah $ 0,10 dan tidak ada biaya
minimum.
4. Amazon elastis MapReduceAmazon
elastis MapReduce merupakan bagian dari Amazon Web Services (aws).
Ini adalah layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analis data, dan
pengembang dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data
dalam jumlah besar. Menggunakan Amazon elastis MapReduce, pengguna dapat
melakukan aplikasi seperti web indexing, data, analisis file log, mesin
pembelajaran, analisis keuangan, simulasi ilmiah, penelitian dan
bioinformatics.
5. Amazon Fresh
Amazon Fresh adalah layanan pengiriman makanan yang pemesanannya
dilakukan secara online. Amazon Fresh saat ini sangat berkembang di Seattle,
daerah Washington.
6. Amazon Kindle
Diperkenalkan ke publik pada bulan November 2007. Kindle adalah
sebuah e-reader yang dikembangkan Amazon.com. Buku, koran, majalah dan
blog yang diambil ke perangkat nirkabel Amazon secara gratis melalui jaringan
EVDO (disebut WhisperNet) dan diterbitkan dalam format eksklusif untuk Kindle.
7. Amazon Kindle 2
Amazon's Kindle 2 adalah ponsel ebook reader. Dipublikasikan pada
9 Februari 2009. Produk ini menggunakan teknologi nirkabel 3G.
8. Amazon Kindle DX
Amazon Kindle DX merupakan versi dari Kindle, yang dirilis pada
Mei tahun 2009. DXmemiliki ukuran layar lebih besar daripada versi Kindle
sebelumnya.
9. Amazon S3
Amazon S3 (Simple Storage Service) merupakan layanan
penyimpanan online untuk perusahaan-perusahaan pengembang. Data
dapat disimpan atau diambil melalui antarmuka web sederhana dari komputer mana
saja dan dapat dilakukan setiap saat.
10. Amazon Unbox
Amazon Unbox Internet adalah layanan video, dan hanya tersedia di
Amerika Serikat.
11. Amazon Video on Demand
Amazon Video on Demand adalah layanan video streaming untuk
televisi dan film. Pada peluncuran di bulan Juli tahun 2008, lebih
dari 40.000 film dan televisi telah tersedia disini.
12. AmazonWeb Services
Sejak awal tahun 2006, Amazon Web Services (aws) perusahaan telah
menyediakan semua ukuran dengan infrastruktur layanan web platform di awan.
Anda dapat dengan aws permintaan daya penghitungan, penyimpanan, dan
layanan lainnya mendapatkan akses ke suite yang elastis infrastruktur TI
sebagai layanan bisnis Anda tuntutan mereka. Aws dengan Anda memiliki
fleksibilitas untuk memilih mana platform pengembangan program atau membuat model
yang paling sesuai untuk masalah yang Anda coba untuk memecahkan. Anda hanya membayar
untuk apa yang Anda gunakan, tanpa ada biaya depan atau komitmen jangka
panjang, sehingga biaya aws-cara efektif untuk menyampaikan aplikasi Anda ke
pelanggan Anda dan klien. Dan, dengan aws, Anda dapat mengambil keuntungan dari
Amazon.com 's global infrastruktur komputasi, yang merupakan tulang punggung
Amazon.com's $ 15 miliar dan transaksi bisnis ritel perusahaan yang scalable,
reliable, aman dan didistribusikan komputasi infrastruktur telah honed selama
lebih dari 13 tahun.
13. Mechanical Turk Amazon's
Mechanical Turk adalah sumber keramaian-layanan yang memungkinkan
para pengembang dan perusahaan untuk mendapatkan orang-orang untuk
melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat melakukan komputer
sangat mudah. Amazon pasar layanan sebagai Artificial Artificial Intelligence,
karena pengguna dapat menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang mirip
dengan sangat sulit untuk melaksanakan / membuat artificially intelligent
machines.
VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI
Menjadi perusahaan yang berbasis pelanggan di muka bumi, dimana
pelanggan dapatmencari dan menemukan segala keperluan mereka dan membelinya
secara on-line. Memberikanharga produk yang semurah mungkin bagi pelanggan. (To
be the Earth’s most customer-centric company where customers can
find and discover anything they might want to buy online, endeavours to over
customers the lowest possible prices)
4. Excellent customers service adalah strategi pemasaran yang esensial. Manager perusahaanmemiliki fokus untuk inovasi berkelanjutan untuk menyediakan kenyamanan bagi pelanggan. Secara khusus, tim manajemen berusaha memastikan kecepatan dan pemenuhan janji bagi pelanggan, customer service yang efisien, fungsionalitas yang mudah digunakan, kondisitransaksi online yang dapat dipercaya.
THE OBJECTIVE OF Amazon.com
Tujuan Amazon.com, adalah tidak untuk menjadi toko buku terbesar
di dunia, tetapi toko serba adaterbesar di dunia.
THEMOTTO OF Amazon.com
The company motto: ‘Work Hard, Have Fun, and Make History’.
THE STRATEGIC OF Amazon.com
Bisnis ini merupakan bisnis baru yang kuat dan tumbuh subur.
Berkembang pesat, memiliki returns on capital yang sangat tinggi, beroperasi di segmen pasar yang sangat besar. Karakteristik
ini yang menjadi tolok ukur Amazon bagi pengembangan bisnis baru selanjutnya. Sebelum
mereka mulai menginvestasikan uang dari para pemegang saham, mereka sendiri
harus yakin bahwa kesempatan baru tersebut dapat merealisasikan harapan para
investor akan tingginya returns on capital. Dan mereka harus yakin bahwa bisnis baru tersebut
dapat berkembang sampai skala yang signifikan dibandingkan perusahaan lain
dalam industry yang sama.
STRATEGI PEMASARAN
1. Strategi pemasaran Amazon didesain untuk meningkatkan traffic kunjungan pelanggan ke website
perusahaan, untuk mendongkrak repeat buying pelanggan, membangun brand awareness dari produk dan jasa tersedia,
memperkuat nama Amazon.com. Penggunaan mediaseperti kampanye e-mail, iklan
portal di website-website, dan sponsored search digunakan Amazon.com sebagai media iklan terutama.
2. Promosi Spesial, Contoh: game Xbox 360 dipromosikan selama
Desember 2006. Selama promosi tersebut, perusahaan menjual 1000 unit lebih
murah 2/3 harga normal.
3. Amazon.com juga memasarkan produknya melalui program asosiasi
dengan mengkontrak website perusahaan lain yang mengarahkan pelanggannya
secara langsung ke website Amazon untuk membeli produk. Amazon
membayar komisi pada partisipan program asosiasi jika pereferensian
pelanggan menghasilkan penjualan.
4. Excellent customers service adalah strategi pemasaran yang esensial. Manager perusahaanmemiliki fokus untuk inovasi berkelanjutan untuk menyediakan kenyamanan bagi pelanggan. Secara khusus, tim manajemen berusaha memastikan kecepatan dan pemenuhan janji bagi pelanggan, customer service yang efisien, fungsionalitas yang mudah digunakan, kondisitransaksi online yang dapat dipercaya.
STRATEGI DISTRIBUSI
Amazon.com menyewa kantor pusat bagi perusahaan di Seattle,
Washington. Fasilitas lainseperti pengiriman, pusat pergudangan dan
kantor customer service berada di seluruh Amerika, khususnya
diCalifornia, Delaware, Florida, Kansas, Kentucky, Nevada, North Dakota,
Pennsylvania, SouthCarolina, Texas, Virginia, Washington, West Virginia, dan
Wisconsin. Perusahaan juga menyewa kantor, pengiriman, gudang, customer
service, dan fasilitas lainnya di luar Negara Amerika. Kantor
internasional terutama ada di Cina, Perancis, Jerman, India, Irlandia, Jepang, Luxembourg,
dan Inggris. Amazon membuat perjanjian dengan BNSF Logistics pada tahun2006
untuk membantu manajemen Amazon di Amerika. Arus pergerakan barang sangat
diawasi dengan ketat untuk mengoptimalkan ketersediaan akan barang yang dipesan
oleh pelanggan.Kapasitas tempat untuk pengiriman barang sebelum diantar ke
rumah pelanggan pada tahun 2005-2006 berkembang sampai mencapai luas 12 juta
kaki persegi.
STRATEGI E-COMMERCE
Strategi perusahaan sekarang ini adalah focus pada usaha-usaha
pengembangan inovasi denganmenciptakan dan memantapkan kemampuan software yang
telah dimiliki dengan cara membelilisensi atau memperoleh secara komersial
teknologi pengembangan aplikasi-aplikasi lain jikadibutuhkan.
Organization For Amazon.com
President and CEO : Jeff Bezos
General Counsel and Secretary : Michelle L. Wilson
Acconting : Shelley Reynolds
Information System : Martin Buhr
Finance : Bill Carr North American
Retail : Jeffrey Wilke
International Retail : Diego Piacentini
Worldwide Operations : Marc Onetto
Business Development : Jeffrey Blackburn
Web Services : Andrew Jassy
Worldwide Digital Media : Steven Kessel
E-commerce Platform : H. Brian Valentine
PENGEMBANGAN VISI DAN MISI
Dari misi yang dimiliki oleh Amazon.com, terlihat bahwa Amazon.com
berusaha untuk terpusat pada konsumen dimana konsumen saat ini cenderung
memiliki waktu yang minim untuk berbelanja secara konvensional.
Jadi, Amazon.com menawarkan solusi bagi konsumen, sehingga konsumen bisa
berbelanja di mana saja dan kapan saja dengan syarat terkoneksi dengan
internet. Selain itu, konsumen dapat mempertimbangkan harga yang ada di
Amazon.com dengan pesaingnya.
sumber: https://www.scribd.com/doc/32948478/SWOT-Analysis-of-AMAZON-and-E-bay
sumber: https://www.scribd.com/doc/32948478/SWOT-Analysis-of-AMAZON-and-E-bay
Tidak ada komentar:
Posting Komentar